Judul : Naik Pangkat dengan Menulis
Resume ke : 25
Tanggal : 6 Maret 2023
Nara sumber : Dr. Imron Rosidi, M.Pd
Gelombang : 28
Tema : Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS
Moderator : Yandri Novita Sari, S.Pd
As salamu ‘alaykum Guru Penulis Nusantara,
Terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Dr. Imron Rosidi, M.Pd sebagai narasumber yang telah membagi ilmu yang bermanfaat tentang bagaimana memenuhi syarat naik pangkat khususnya bagi PNS. Banyak guru terjebak di golongan tertentu dan kurang termotivasi untuk mengurus kenaikan pangkatnya dengan berbagai sebab. Salah satunya adalah Publikasi Ilmiah (PI) dan Karya Ilmiah (KI) yang tidak terpenuhi. Maka tema ini sangat faktual dan bisa membantu mengurai kesulitan dalam pemberkasan kenaikan pangkat yaitu dengan mengetahui syarat dan cara penghitungan angka kreditnya sehingga guru bisa memenuhinya dengan baik.
Syarat Publikasi Ilmiah Agar Mendapat Angka Kredit
Sesuai tema yang dibahas kulwa kali ini yang berkaitan dengan menulis yang bisa diajukan untuk penilaian adalah sebagai berikut:
- Laporan Hasil penelitian (PTK, penelitian lain bidang pendidikan) : AK 4
- Buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BNSP : AK 4
- Laporan hasil penelitian dimuat di Jurnal Ilmiah terakreditasi : AK 3
- Laporan hasil penelitian dimuat di Jurnal Ilmiah tingkat propinsi : AK 2
- Laporan hasil penelitian dimuat di Jurnal Ilmiah tingkat Kabupaten/Kota : AK 1
- Tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan (termasuk best practice) : AK 2
- Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat nasional : AK 2
- Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat provinsi : AK 1,5
- Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat nasional terakreditasi : AK 2
- Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat nasional tidak terakreditasi atau tingkat provinsi : AK 1,5
- Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat provisitidak terakreditasi atau tingkat lokal (kabupaten/kota) : AK 1
- Buku pelajaran yang lolos BNSP : AK 6
- Buku Pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan ber-ISBN : AK 3
- Buku Pelajaran yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN : AK 1
- Modul dan Diktat yang digunakan di tingkat provinsi : AK 1,5
- Modul dan Diktat yang digunakan di tingkat kota/kabupaten : AK 1
- Modul dan Diktat yang digunakan di sekolah/madrasah : AK 0,5
- Buku dalam bidang pendidikan dan dicetak oleh penerbit dan ber-ISBN : 3
- Buku dalam bidang pendidikan dan dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN : 1,5
- Karya hasil terjemahan : AK 1
- Buku Pedoman Guru : AK 1,5
Secara singkat dari kegiatan menulis itu bisa dilihat pada bagan dibawah
ini:
Persyaratan jumlah Angka Kredit pada PI dan KI berdasarkan golongan bisa
dilihat di tabel berikut ini:
1. Kerangka Penulisan Makalah Tinjauan Ilmiah
1) Bagian Awal
Terdiri dari halaman judul; lembar persetujuan; kata pengantar
- Pendahuluan yang menjelaskan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat.
- Tinjauan Pustaka
- Pembahasan Masalah yang didukung data dari satuan pendidikannya. Bab ini harus mengandung penjelasan ide atau gagasan asli penulis yang terkait dengan pemecahan masalah yang dihadapinya.
- Simpulan
Memuat daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang mendukung
2. Kerangka Penulisan Artikel Ilmiah
1) Judul, nama penulis2) Abstrak dan kata kunci3) Pendahuluan4) Metode penelitian5) Hasil penelitian6) Pembahasan7) Kesimpulan dan Saran
3. Kerangka penulisan modul
1) Petunjuk siswa
2) Isi materi bahasan (uraian dan contoh)
3) Lembar kerja siswa
4) Evaluasi
5) Kunci jawaban evaluasi
6) Pegangan Tutor/guru (bila ada)
Bagian Pendahuluan
1) Daftar isi
2) Penjelasan tujuan diktat pelajaran
1) Judul bab atau topik bahasan
2) Penjelasan tujuan bab
3) Uraian isi pelajaran
4) Penjelasan teori
5) Sajian contoh
6) Soal latihan
Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah, diketik dan dibendel terdiri dari
Judul yang menerangkan identitas guru dan tahun kerja dari renana kerja guru tersebut, lembar persetujuan dari kepala sekolah/madrasah; kata pengantar; daftar isi
a. Pendahuluan, yang menjelaskan tentang tujuan pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru tersebut, menjelaskan ringkasan target-target capaian yang diharapkan dicapai.
b. Rincian rencana kerja, yang disajikan dalam satuan waktu bulanan untuk selama setahun. Rencana kerja tersebut berupa rencana guru yang bersangkutan dalam meningkatkan kompetensinya sebagai guru, yakni kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional.
c. Penutup, yang menjelaskan ringkasan rencana kegiatan dan rencana target yang ingin dicapai.
Memuat lampiran yang menunjang rencana kerja tahunan tersebut, misalnya RPP, skenario kegiatan, dan lain-lain.
Bagian Awal
a) Halaman judul
b) pengantar
c) daftar isi
4) daftar tabel (bila ada)
5) daftar gambar (bila ada)
Bab I Pendahuluan, judul bab boleh diambil dari topik penelitian
Bab II Kajian Teori, ditulis ulang dari Bab II laporan penelitiannya
Bab III Metodologi Penelitian, ditulis ulang dari Bab III laporan penelitian
Bab IV Hasil Penelitian, ditulis ulang dari laporan hasil penelitian
Bab V Catatan Penutup, bisa berisi simpulan dan saran
Judul PTK
a) Latar Belakang Masalahb) Rumusan Masalahc) Tujuan Penelitiand) Manfaat Penelitiane) Hipotesis Tindakan
a) Dasar teoritis berkaitan dengan masalah
b) Dasar teoritis berkaitan dengan solusi
c) Dasar teoritis berkaitan dengan pengaruh solusi terhadap masalah
a) Perencanaanb) Prosedur Pelaksanaan Tindakan dan Pengamatanc) Refleksid) Latar Penelitiane) Subjek Penelitianf) Instrumen Penelitiang) Teknik Analisis Datah) Penyiapan Partisipan
Harus langsung dinarasikan tidak boleh hanya laporan kegiatan tanpa analisis menjawab permasalahan, terdiri dari:
a) Paparan Hasil Observasi Prasiklus
b) Paparan Hasil Tindakan Siklus 1
Perencanaan Tindakan Siklus 1Pelaksanaan Tindakan Siklus 1Hasil Tindakan Siklus 1Refleksi Tindakan Siklus 1
b) Paparan hasil Tindakan Siklus 2
dst. …..
c) Pembahasan Antar Siklus
a) Surat Izin Penelitian dari KSb) Berita acara Seminar PTK (dan kelengkapannya)c) RPP sesuai dengan jumlah siklus, minimal 4 pertemuan tergantung siklusnyad) Contoh instrumen yang sudah diisi maupun belum (lembar observasi, soal-soal dll)e) Contoh hasil kerja siswaf) Foto pelaksanaan PTK (harus sesuai dengan tema PTK nya) foto bisa juga dimasukkan di BAB IV tetapi harus langsung dinarasikan atau di masukka di lampiran dengan penjelasan di setiap siklus.g) Daftar hadir siswa selama PTK (minimal 4 pertemuan)
Faktor yang membuat PI dan KI tidak bisa dinilai
- Buku antologi ditulis lebih dari 4 orang, maka penulis ke-5 dst tidak mendapat nilai
- Tulisan cerpen kurang dari 5
- Tulisan puisi kurang dari 20
- Lampiran kurang
- Bukti laporan tidak ada
Hal yang sangat perlu diperhatikan adalah kemauan dan ketekunan untuk menulis dengan mematuhi kaidah yang dipersyaratkan.
Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment