Wednesday, February 15, 2023

Menggunakan Aplikasi Penyusunan Naskah Buku

 


Judul               : Menggunakan Aplikasi Penyusunan Naskah Buku
Resume ke      : 15
Tanggal           : 10 Pebruari 2023
Nara sumber   : Yulius Roma Patandean, S.Pd
Gelombang     : 28
Tema               : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis
Moderator       : Arofiah Afifi, S.Pd

As salamu ‘alaykum Guru Penulis Nusantara,

Menulis itu harus menjadi budaya, maka BUDAYAKANLAH!

(Yulius Roma P)

    Terimakasih sebesar-besarnya kepada BapakYulius Roma Patandean, S.Pd, sebagai narasumber sekaligus penulis dan editor profesional yang telah membagi ilmu tentang bagaimana langkah-langkah dalam menyusun buku secara sistematis. Tema ini semakin memperkaya wawasan peserta dalam menulis khususnya menghasilkan buku.

    Kulwa (kuliah lewat grup wa) kali ini diawali dengan pengalaman narasumber ketika pertama menulis. Sama seperti penulis pemula lainnya yang mengalami semacam mental blok seperti tidak tahu apa yang akan ditulis, bingung memulai kalimat, tidak percaya diri, merasa tulisan tidak layak dan sebagianya.  Tetapi dengan beberapa trik mental blok ini dapat teratasi sehingga menulis menjadi  ‘makanan jiwa’.

    Menulis adalah kegiatan yang unik. Segala hal yang kita lihat, dengar dan pikirkan bisa menjadi bahan tulisan. Bahkan kata-kata orang lain saja bisa dirangkai menjadi suatu naskah yang bermakna. Demikian terjadi bila menulis sudah menjadi kegiatan jiwa.

    Untuk menyusun naskah menjadi sebuah buku, narasumber yang telah menghasilkan banyak buku ini memperkenalkan aplikasi yaitu:

1.  Zotero. Cara menggunakannya bisa dilihat di chanel ini.

2. Mendeley untuk versi window silahkan klik disini. Sedangkan cara penggunaannya ada di sini

Dua aplikasi ini populer dikalangan pengajar, akademisi, maupun mahasiswa karena bisa mempermudah penulis khususnya peneliti dalam mengorganisasi referensi.

    Selain itu, menulis dengan menggunakan MS word juga bisa dilakukan dengan memaksimalkan menu-menu yang tersedia di bar. Semua menu ini membantu mempermudah penulis untuk menata tulisan maupun gambar.

    Aturan jumlah halaman pada penulisan buku sesuai standar UNESCO minimal 40 halaman. Tetapi pada prakteknya banyak editor atau coach penulis menyarankan untuk menulis 70 halaman di kertas A5 yang juga merupakan standar jumlah minimal halaman yang diminta penerbit mayor.

    Ada istilah yang menarik disampaikan narasumber yang telah mendapat sertifikat editor profesional dalam menulis yaitu CLBK. Ini merupakan strategi agar penulis bisa menyelesaikan tulisannya dengan lebih cepat dan konsisten.

1. Cobalah

Berani mencoba aplikasi atau fitur dengan menu-menu yang ada didalamnya. Misalnya menyusun bab dan penomorannya. Mungkin diawal, penulis akan merasa sulit, tapi setelah aplikasi ini dikuasai, maka pekerjaan menulis akan jauh lebih mudah.

2. Lakukan segera

Apabila muncul gagasan, segera tuliskan. Momen munculnya gagasan dan niat menulis tidak boleh berlalu begitu saja. Karena ketika sudah bertemu timing yang tepat, menulis menjadi aktifitas penuangan gagasan yang mudah.

3. Budayakan

Menulis adalah kata kerja, harus dilakukan, dibiasakan. Dari pembiasaan ini muncul budaya. Tetapi semua membutuhkan proses dan konsitensi dari para pelaku. Hal ini akan lebih baik lagi kalau lingkungan sekitar mempunyai gerak yang sama.

4. Konsisten

Mungkin inilah yang paling sulit dilakukan karena akan banyak alasan yang bisa dibuat untuk menunda atau tidak menulis. Maka carilah positif yang bisa mendukung pembiasaan manulis.

    Sebagai penutup, kata kunci untuk bisa menjadi penulis adalah konsisten, kerja keras dan sabar dalam berproses. Sehingga diharapkan karya akhir seorang penulis memenuhi unsur terpercaya, akurat dan berkualitas sekaligus menarik untuk memperkaya intelegensia.

Ilmu tanpa dipraktekkan tidak akan terlihat manfaatnya. Maka inilah hasil belajar saya menggunakan salah satu menu pada word dengan ekstensi docx untuk menyusun naskah.

1. Membuat cover

Cara: klik insert, pojok cover page pada bar ujung kiri. Saya memilih model sideline. Berikut ini hasilnya.


Sementara penyusunan bab masih manual karena belum menyisipkan halaman dan isi tulisan sehingga belum bisa menggunakan menu table of content.

Saya butuh waktu untuk mempelajari dan menerapkan aplikasi zotero dan Mendelay. Semoga di tulisan berikutnya bisa saya sampaikan.

Semoga bermanfaat.





No comments:

Post a Comment

Daily Test Element Writing and Presenting : Argumentative Text

  Before you do the test, read the directions. Do the test yourself. Copy and paste the text and questions into your blogs then publish! Pla...