Wednesday, January 18, 2023

Kelahiran 150 Siswa Blogger

 

Judul               : Kelahiran 150 Siswa Blogger 
Resume ke      : 5
Gelombang     : 28
Tanggal           : 18 Januari 2023
Tema               : Blog Sebagai Media Pembelajaran
Nara sumber   : Dail Ma'ruf, M.Pd

Moderator       : Purbaniasita KS, S.Pd

As salamu ‘alaykum Guru Hebat Nusantara

   'Menuju kelas tanpa kertas dengan blog' (Yuniakbar, 2023)

    Diskusi KBMN ke-5 sangat menarik, sama seperti diskusi-diskusi sebelumnya. Semua memberi gagasan baru dan meluaskan wawasan peserta dalam dunia tulis menulis. Kali ini nara sumber, Bapak Dail Mar'uf menyajikan fungsi blog sebagai media pembelajaran.     

    Diawali dengan sejarah munculnya blog yang ternyata kependekan dari kata weblog. Jorn Barger memperkenalkan istilah ini pada Desember 1997 untuk mengelompokkan website pribadi.  Website ini selalu diupdate dan berisi link-link.

    Blog terkategori bermacam-macam menurut kontennya. Diantaranya, 1) blog pendidikan, 2) blog sastra, 3) blog pribadi, 4)  blog bertopik, 5) blog kesehatan, 6) blog politik, 7) blog perjalanan, 8) blog riset, 9) blog hukum, 10) blog media, 11) blog agama, dan 12) blog bisnis. Pengkhususan tema pada blog ini sangat penting agar penulis / blogger bisa dikenali spesifik keilmuannya. Apabila seorang blogger sudah dikenali pembacanya, maka situsnya akan menjadi rujukan. Keuntungan lain, bisa saja ada pihak lain yang menawarkan kerjasama yang menguntungkan secara finansial. 

    Untuk blogger pemula, konten bisa gado-gado alias bermacam-macam, karena blognya bisa menjadi tempat curhat atau sarana menulis apa saja selama tidak melanggar ketentuan umum di blog itu sendiri. Disamping itu, ada label yang bisa membantu penulis untuk mengkategorikan jenis tulisan-tulisannya. Dalam menulis label ini penulis bisa memilih kata sesuai isi tulisannya. Hal penting yang harus dilakukan oleh blogger adalah konsisten untuk terus menulis agar blognya gemuk dan mengundang pengunjung. 

    Bagi guru masa kini, blog sangat berguna karena bisa dipakai sebagai Rumah Belajar, dimana semua materi atau penilaian bisa disimpan ataupun ditayangkan disana. Siswa atau siapapun, dimanapun dapat mengakses dan menggunakan isi blog. Karena isi blog ini tersimpan diawan dan tidak terbatas waktu, maka penulis / blogger tidak perlu merasa khawatir tulisannya hilang. Dia hanya harus mengingat email dan password yang dia gunakan untuk login blognya sendiri. 

    Saya kaitkan materi dari narasumber hari ini dengan tugas saya sebagai guru Bahasa Inggris yang baru saja berakrab-akrab dengan blog, meminta semua siswa yang saya ajar, dari kelas X sampai XII untuk membuat blog pribadi. Saya sampaikan pada mereka bahwa blog yang mereka buat akan menjadi semacam portofolio rekam jejak perjalanan belajar atau kegiatan apa saya yang mereka ikuti. Setelah selesai dengan materi pertama pada mata pelajaran yang saya ampu, saya mengajari siswa untuk membuat blog. 

    Pertama, saya haruskan siswa untuk menamai blog mereka dengan nama jelas, tidak nama samaran atau lainnya. Saya jelaskan, suatu saat kalau mereka punya usaha, mereka akan membuat blog lain dengan nama usaha mereka dan akan fokus pada bidang usaha mereka. Kedua, tulisan yang akan mereka publish sementara ini tentang pembelajaran dan kegiatan seputar sekolah. Bila mereka akan mengisi topik lain seperti traveling dan hobi, saya ijinkan. Berikutnya saya ajarkan menu-menu yang ada di blog dan apa saja fungsinya.  Setelah blog jadi, saya minta siswa menyalin materi yang sudah dipelajari di blog dengan cara memberi kata pengantar diawal, ditengah dan diakhir materi. Sehingga materi belajar yang tadinya teoritis bisa lebih nyaman di baca. Untuk diawal-awal, saya membolehkan siswa menulis pangantarnya dalam bahasa Indonesia. Nanti kalau mereka sudah akrab dengan blog, pada tulisan berikutnya akan saya minta untuk menggunakan Bahasa Inggris. Dalam dua minggu saya sudah melahirkan 150 blogger baru!! Ini prestasi hebat menurut diri saya sendiri!! 


    Diluar dugaan saya, hasil tulisan pertama siswa-siswa saya begitu luar biasa! Bahkan mereka langsung bisa mengganti background tema dengan gambar mereka sendiri, memberi judul tulisan beraneka macam. memasang ilustrasi dan sebagainya. betapa gembiranya saya! Maka dengan adanya blog ini saya bisa memulai program paperless-class. Selanjutnya saya cukup menayangkan materi-materi pelajaran saya di blog yang akan menjadi tugas bagi siswa-siswa saya.

Terimakasih untuk  Om Jay dan semua tim solidnya yang berdedikasi untuk menyebarkan virus menulis bagi guru. Semoga Allah selalu memberi keberkahan dan pahala jariyah yang tiada putus. amin.

Beberapa blog siswa saya. Mohon kunjungannya sebagai penyemangat.

https://gangsarputrii.blogspot.com/2023/01/application-letter-is-so-easy.html

https://niaaashnexo.blogspot.com/2023/01/mari-belajar-menulis-application-letter.html

https://yassaraauliya.blogspot.com/2023/01/application-letter-for-job.html













6 comments:

Daily Test Element Writing and Presenting : Argumentative Text

  Before you do the test, read the directions. Do the test yourself. Copy and paste the text and questions into your blogs then publish! Pla...